Segitiga Ranu

Minggu, 23 Desember 2007

Segitiga Ranu I
Ranu Bedali - Ranu Klakah - Ranu Pakis

Obyek wisata danau ini terletak di sebelah Utara kota Lumajang. Ketiga ranu (danau) ini berada di dua kecamatan dengan jarak tempuh yang relatif pendek, Ranu Bedali berada di Kec. Ranuyoso, sedangkan Ranu Klakah dan Ranu Pakis berada di Kecamatan Klakah.
Jarak tempuh antara Ranu Bedali - Ranu Pakis = 7 Km
Jarak tempuh antara Ranu Bedali - Ranu Klakah = 6 Km

Ranu Bedali, Obyek wisata ini mempunyai ketinggian ± 700 M dari permukaan laut dengan luas danau 25 Ha dan kedalaman 28 m.

Yang menarik dari ranu ini adalah letak permukaan air berada jauh di bawah permukaan tanah. Sehingga untuk mencapai daratan tepi danau dibutuhkan kesehatan prima yang merupakan tantangan bagi mereka yang berjiwa muda. Meskipun demikian panorama danau ini dilihat dari atas cukup mengasyikkan.


Ranu Klakah, terletak di Desa Tegalrandu Kecamatan Klakah dengan jarak tempuh ± 20 Km dari kota Lumajang. Transportasi, mudah dicapai dengan kendaraan pribadi atau angkutan umum baik roda dua maupun roda empat disamping ada dokar sebagai sarana angkutan tradisional masyarakat setempat.

Obyek ini berada pada ketinggian ± 900 meter dpl, dengan luas 22 hektar dan kedalaman 28 m yang dilatar belakangi gunung Lamongan dengan ketinggian ± 1.668 m dpl, serta didukung oleh udara yang sejuk dan segar. Beraneka ragamnya buah-buahan nangka khas Klakah yang dijual sepanjang jalan raya menjadi daya tarik lain bagi obyek wisata ini.

Disamping menikmati panoramanya, aktivitas yang dapat dilakukan sendiri ataupun bersama keluarga antara lain, joging mengelilingi area danau dengan fasilitas jalan beraspal, berperahu, menikmati sarana permainan anak, berolahraga tennis dan memancing. di Ranu Klakah tersedia sarana Hotel untuk menginap dengan jumlah kamar 6 buah.


Ranu Pakis, Sekitar 10 menit dengan berkendaraan roda dua ataupun roda empat sampailah kita ke Ranu Pakis, bila kunjungan wisata kita diawali dari Ranu Klakah. Obyek wisata ini mempunyai ketinggian ± 600 Meter (dpl) dengan luas danau 50 Ha dan kedalaman 26 m. Masih dilatar belakangi Gunung Lamongan dan nampak lebih dekat, serta kondisi alam yang masih perawan akan menjadi daya tarik bagi pecinta lingkungan atau wisatawan yang membutuhkan udara segar.

Selain rekreasi dapat pula menikmati ikan segar yang dijual di warung-warung sederhana dan dapat pula dibawa untuk oleh-oleh. Ikan ini hasil budi daya pada perairan Ranu Pakis dengan sistim keramba jaring apung, jenisnya Mujaer, Nila.


Segitiga Ranu II
Ranu Regulo - Ranu Pane - Ranu Gumbolo

Berada di kaki Gunung Semeru, Desa Ranupane, Kecamatan Senduro.

Ranu Pane,




Ranu Kumbolo, Ranu Kumbolo berada di ketinggian 2500 meter diatas permukaan air laut. Pemandangan dari desa Klakah-Ranupane sangat indah.



Sumber:
www.pbase.com/archiaston/bromo
www.lumajang.go.id
http://petawisata.blogspot.com/2005/07/ranu-kumbolo.html

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Blog mengenai Lumajang, sangat menarik. Rasanya senang ada yang peduli dengan promosi Lumajang. Kota kecil yang banyak menyimpan kenangan manis buat saya.Saya tidak akan pernah lupa dengan Lumajang.

R Firmanto
Alumni SMA2 Lmj 1988

Anonim mengatakan...

Lumajang banyak aset wisata tak tergarap
Tapi bersepeda ke lokasi wisata yang masih perawan juga sangat mengasyikkan